Jenis-Jenis Domain Yang Wajib Dipahami Sebelum Membuat Website

Jenis Domain Yang Wajib Dipahami

Jenis-Jenis Domain Yang Wajib Dipahami – sebelum melangkah jauh tentang domain, sebaiknya kita terlebih dahulu tahu apa yang dimaksud dengan domain? 

Sebagaimana banyak diterangkan pada banyak sumber dan referensi, bahwa domain merupakan nama sebuah alamat yang ditujukan untuk mengidentifikasi suatu server komputer

Semisal, pada saat kita menulis sebuah link website rumahbaca.com kita akan diantarkan ke alamat website tersebut tentu jika kita tidak salah alamat atau alamat palsu atau kita salah ketik link maka kita akan mendapatkan tampilan halaman website yang kita tuju atau inginkan. 

Kalau kita jabarkan, rumahbaca tersebut merupakan nama website dan sedang .com adalah salah satu nama domain. Pada dasarnya nama domain tersebut adalah IP yang merupakan kombinasi angka – angka yang unik dan rumit, namun seiring berkembangnya jaman IP tersebut disedehanakan menjadi sebuah nama unik  misalnya .com, .co, .net, .biz, .org dan lain – lain.

Seiring dengan banyaknya informasi yang hendak kita cari, maka kita perlu berkunjung kesitus atau website, namun kadang alamat IP terlalu rumit atau terjadi kemiripan dalam hasil pencarian.

Maka saat ini juga sudah banyak URL yang menggunakan fitur pengalihan atau redirect yang dapat membantu dalam mengarahkan pengunjung. Misalnya kita hendak masuk ke halaman facebook dengan fb.com maka kita pasti dialihkan ke facebook.com. 

Sebaliknya, kalau kita sudah punya website sendiri, Jika ada yang ingin mengunjungi website kita, mereka tidak lagi susah susah mengetik nama IP kita, cukup dengan mengetik URL website dan sipengunjung akan di arahkan ke alamat IP server kita. 

Karena preses registrasinya dkelola oleh ICANN(Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) sehingga dalam menentukan alamat tidak mengalami kesalahan atau tepat sasaran.

Nah berikut ini penting bagi kamu yang ingin tahu Jenis Domain Yang Wajib Dipahami dan kebetulan ingin memiliki website sendiri. Berikut adalah beberapa tipe domain berdasarkan levelnya:

1.Top Level Domain (TLD)

Merupakan jenis domain ini paling sering digunakan dan termasuk top level. TLD termasuk domain umum dan mudah diingat sehingga banyak sekali yang memilihnya. 

Banyak website atau blog yang sering menggunakannya diantaranya .com, .net, .org, .edu. Domain - domain tersebut juga tidak merujuk pada organisasi tertentu jadi bebas digunakan oleh situs personal.

2.Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Domain yang satu ini menggambarkan kode dari negara tertentu. Penggunaan CCTLD menunjukan bahwa situs yang bersangkutan merupakan milik negara tertentu.

Atau bisa juga sengaja digunakan untuk menargetkan pengunjung dari negara yang country code nya dipakai. contoh dari penggunaan CCTLD misalnya .uk untuk negara United Kingdom atau Inggris, .id untuk Indonesia, .us untuk United States, .kr untuk Korea Selatan, dan lainnya.

3.Generic Top Level Domain (GTLD)

Awalnya domain ini merupakan nama domain yang dikhususkan untuk oraganisasi atau bidang bidang tertentu. Namun banyak situs biasa menggunakannya tetapi masih dalam koridor khusus terkait isi yang dibawakan.  

Contoh GTLD misalnya .org untuk organisasi, .edu untuk pendidikan. .mil untuk militer, .gov untuk pemerintahan dan lainnya.  

4.Second Level Domain (SLD)

Dalam pemaparan diatas sudah dejelaskan bahwa domain sebagai alamat yang memudahkan para pengunjung situs. Lalu bagaimana dengan second level domain ini? SLD ini bekerja lebih baik yaitu menggambarkan alamat lebih rinci dan khusus. 

Contoh dalam penggunaan SLD  misalnya .co.id, .ac.us, .co.uk, dan masih banyak lagi. Menggunakan SLD ini merupakan Jenis Domain Yang Wajib Dipahami karena dapat menunjukan tempat yang lebih khusus dari situs yang hendak dikunjungi. 

SLD ini biasanya mendapat julukan Subdomain yang biasa digunakan oleh situs – situs besar, jadi subdomain sangat cocok digunkan oleh situs besar yang membutuhkan halaman – halaman yang lebih spesifik misalnya support google.com, developers.facebook.com, dan lain – lain. 

Nah itulah jenis-jenis domain yang perlu dipahami sebelum membuat website.Dengan adanya informasi ini,sekiranya bermanfaat bagi teman teman semua.Selamat mencoba dan terimakasih.

Related Posts

2 comments

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter