8 Cara Meningkatkan Performa Laptop Yang Lemot

Cara Meningkatkan Performa Laptop Yang Lemot
Sumber: freepik.com

Cara mengoptimalkan performa laptop|ronaldostg.com
- Pernah merasakan ketika sedang fokus melakukan aktivitas di depan laptop seperti mengetik tugas di Ms Word eh malah tiba-tiba laptop merespon lambat ataupun hang? 


Itu mungkin karena kemampuan laptop anda sudah berkurang. Bagaimana bisa? Karena semua alat elektronik punya masa pakai tersendiri.

Tapi tenang, kali ini saya akan memberikan beberapa tips supaya performa laptop kamu lebih ringan serta lebih responsif.Lalu bagaimana caranya? Mari kita simak tips-tipsnya.

Cara-Cara Mempercepat Kinerja Laptop


1.Menghapus File di Recycle bin

   File yang kamu hapus dari komputer biasanya akan tersimpan sementara di tempat yaitu Recycle bin. Bila jangka beberapa waktu file-file tersebut belum terhapus, maka itu akan membuat sistem terbebani dan juga kapasitas penyimpananmu. Maka dari itu hapus segera jika memang file di dalam itu sudah tidak digunakan lagi. Dengan cara:
  • Klik kanan pada ikon Recycle Bin yang ada di desktop
  • Setelah itu pilih Empty Recycle Bin
    Jika ingin file yang kamu hapus tidak ada di Recycle Bin, maka tekan tombol Delete+Shift sehingga file tersebut langsung terhapus permanen.

2.Menguninstal Aplikasi Yang Tak Penting

   Terlalu banyak aplikasi yang terinstal di laptop juga dapat memperlambat kinerjanya. Ada juga aplikasi bawaan yang tidak pernah dipakai,ini juga seharusnya anda hapus. Maka dari sekarang silahkan pilah-pilah aplikasi yang menurut anda penting saja. Karena aplikasi itu akan memakan memori laptop anda. Cara untuk uninstall dengan aplikasi bawaan windows:
  • Klik Start-> Control Panel->Uninstal a program
  • Klik Aplikasi yang mau dihapus dan tekan tulisan Uninstall
    Cara Lain:
  • Tekan tombol Windows pada keyboard
  • Di kolom pencarian ketik “add or remove program
  • Pilih dan tekan aplikasi yang mau dihapus, dan tekan tulisan Uninstall

3.Matikan Aplikasi Pada Saat Startup Windows

   Cara ini digunakan kalo laptop anda pada saat booting menghidupkannya lama. Biasanya karena banyak aplikasi yang bekerja di belakang. Agar cepat,silahkan disable aplikasi yang tidak terlalu penting. Caranya sangatlah mudah:
  • Tekan tombol Windows+R maka akan muncul jendela Run
  • Ketik msconfig
  • Setelah itu pilih Tab Startup,Klik aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan,Tekan tombol Disable. 

4.Rutin Melakukan Disk Cleanup dan Disk Defragment

    Perannya sangat penting yaitu untuk membersihkan file-file sampah yang hanya membebani sistem dan untuk merapikan kembali data-data yang berantakan. Untuk caranya melakukan Disk Cleanup yaitu:
  • Klik kanan pada Drive yang diinginkan
  • Tekan Properties
  • Pada tab General,Tekan tombol Disk Cleanup.
     Untuk cara Disk Defragment:
  • Klik kanan Drive yang diinginkan
  • Tekan Properties
  • Pada tab Tools, tekan tombol Defragment Now.

5.Menambah RAM (Random access memory)

  Beberapa aplikasi terkadang membutuhkan memori yang cukup besar. Karena RAM yang kecil akan memengaruhi cepat atau tidaknya jalan suatu program sehingga membebani sistem. Maka dari itu,sebaiknya anda mengupgrade RAMnya misalnya dari RAM 2GB ke RAM 4GB. Serta jangan asal-asalan mengupgrade dikarenakan spesifikasi RAM untuk beberapa laptop/komputer berbeda ada yang DDR1, DDR2, DDR3 dan seterusnya.

6.Periksa HDD (Hard Disk) Dan Upgrade Ke SSD

   Bila kapasitas hard disk hampir penuh, terutama di Drive C tempat instalan system operasi laptop itu sendiri maka akan mempengaruhi kecepatannya. Bila kapasitas Hard Disk anda hampir penuh dan mengalami bad sector, silahkan di upgrade HDDnya .Ataupun pindahkan data yang perlu dan hapus data yang tidak perlu. Bila perlu upgrade penyimpananmu ke SSD (Solid State Drive) karena kemampuan SSD lebih tinggi daripada HDD.

7.Update Windows Dan AntiVirusmu

   Yaps,update windows ini diperlukan karena dalam prosesnya akan memperbaharui sistem yang lampau ke sistem sekarang yang lebih kompleks. Begitu juga update antivirus, virus-virus yang ada pada jaman sekarang terus berkembang sampai bisa-bisa merusak sistem. Maka dari itu dilakukan update sebagai antisipasinya.

8.Membersihkan Laptop

   Laptop yang jarang dibersihkan akan menjadi sangat kotor dan berdebu. Itu akan mengganggu sistem sirkulasi yang ada di hardware laptop. Maka dari itu sebaiknya rutin membersihkannya agar nyaman digunakan.

Kesimpulan 

Nah itulah tips bagaimana meningkatkan performa laptop, kamu bisa mencoba terapkan semua cara diatas agar performa laptopmu tetap bertenaga. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kawan semua.Terimakasih!

Related Posts

4 comments

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter